Arsenal akan menandatangani full-back Cedric Soares dengan pinjaman enam bulan. Apakah kedatangannya yang akan datang mengisyaratkan perubahan posisi untuk Ainsley Maitland-Niles?

Adaptasi Mikel Arteta dari Ainsley Maitland-Niles telah menjadi salah satu elemen paling mengesankan dari manajemen Arsenal sejauh ini. 22 tahun tidak melihat dirinya sebagai full-back. Dengan profesinya, ia percaya bahwa ia adalah seorang gelandang tengah, baik secara terpusat atau luas. Tetapi karena masalah cedera Hector Bellerin yang berkepanjangan, Arteta harus beradaptasi, dan ia beralih ke Maitland-Niles dalam peran bek kanan hybrid untuk melakukannya.

Menggunakan kenyamanan alami Maitland-Niles di area tengah lapangan dengan kontrol dekat yang sangat baik, ketenangan pada bola, dan kesadaran spasial dan antisipasi, Arteta meminta Maitland-Niles untuk bermain sebagai bek kanan saat membela, peran yang ia miliki profil atletik dan kemampuan bertahan untuk dipenuhi, dan kemudian pindah ke ‘gelandang tengah’ ketika tim berada dalam kepemilikan yang aman untuk membentuk bentuk 2-3-5 bersama gelandang bertahan yang memegang.

Maitland-Niles ‘unggul dalam peran pseudo-bek kanan ini. Permainannya sangat bagus, sering digunakan sebagai pelintas utama untuk keluar dari pers tinggi, sementara ia menunjukkan fokus dan konsentrasi yang luar biasa ketika membela, sebuah elemen permainannya yang telah dikritik di masa lalu.

Tetapi dengan Bellerin yang selalu siap untuk kembali ke starting XI, rasanya seperti percobaan Maitland-Niles adalah solusi sementara untuk masalah langsung, bukan kerutan taktis jangka panjang yang ingin dipasang Arteta. Dan sekarang saran itu tampaknya lebih akurat.

Minggu ini, muncul laporan bahwa Arsenal mendekati penandatanganan pinjaman bek kanan Southampton, Cedric Soares. Bahkan, minggu ini, pelatih kepala Southampton Ralph Hassenhuttl mengkonfirmasi bahwa Cedric akan meninggalkan klub:

‚ÄúDari pihak kita, ya. Faktanya adalah dia keluar dari kontrak di musim panas. Terkadang segalanya berubah dengan cepat dalam sepakbola. Kemudian untuk klub dan untuknya, itu adalah yang terbaik yang kami katakan ‘oke, jika Anda ingin pergi, Anda hanya memiliki dua atau tiga bulan kontrak, maka lebih baik untuk pergi’ dan kami berkonsentrasi pada pengembangan lainnya pemain. ”

Cedric menawarkan kedalaman di bek kanan dan bek kiri. Sementara penandatanganannya tampaknya sedikit penasaran, ada cukup alasan untuk berpikir bahwa perolehannya tidak sepenuhnya bodoh. Namun kedatangannya jelas menyiratkan bahwa Arteta tidak memandang Maitland-Niles sebagai bek kanan. Jika Arteta melihat Maitland-Niles sebagai bek kanan dan bukan gelandang, tidak akan ada alasan untuk merekrut Cedric. Dengan Maitland-Niles dan Bellerin, manajer Arsenal memiliki dua opsi yang sangat mumpuni yang bisa ia putar. Jadi mengapa menandatangani Cedric?

Arsenal saat ini berada di papan tengah klasemen sementara Liga Primer Inggris atau lebih tepatnya di posisi ke sepuluh, hasil dari 24 laga dengan hanya mencatatkan 6 kali kemenangan 12 kali seri dan 6 kali kekalahan.